Asianmoto.com

Berita Otomotif Republik Indonesia
Рейтинг статьи
1 звезда2 звезды3 звезды4 звезды5 звезд

Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Banyak tukang kebun yang akrab dengan embun tepung, yang ditemukan di sebagian besar tanaman beri, sayuran, dan buah-buahan. Paling sering, penyakit jamur mempengaruhi mentimun. Pada pandangan pertama, ini tampaknya menjadi serangan yang tidak signifikan, tetapi jika Anda tidak memulai pertarungan tepat waktu, Anda dapat kehilangan hingga 70% dari hasil panen. Agen penyebab penyakit ini adalah jamur Erysiphe cichoracearum, yang juga populer disebut bele. Awalnya terlihat seperti bubuk keputihan, lebih seperti tepung (karena itu namanya), semakin gelap seiring waktu.

Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Jamur tepung pada mentimun

Kondisi yang paling menguntungkan untuk reproduksi jamur dan perkembangannya adalah kelembaban tinggi dan suhu udara 16-25 derajat. Embun tepung adalah masalah di rumah kaca, karena kondisi yang paling menguntungkan dibuat di sana tidak hanya untuk menanam mentimun, tetapi juga untuk penyebaran penyakit. Jika kita berbicara tentang area terbuka, maka para ahli mencatat terjadinya banyak fokus infeksi 3-4 hari setelah hujan.

Penyakit lain yang serupa dalam manifestasinya adalah peronosporosis. Ini juga disebut jamur berbulu halus. Salah, karena plak juga muncul di daun, tetapi warnanya coklat kemerahan. Struktur daun terpengaruh, yang menyebabkannya mengering dan mati. Peronosporosis disebarkan oleh serangga hama.

Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Jamur berbulu halus (perinospora)

Gejala embun tepung

  • Sangat mudah untuk mengenali jamur parasit — itu adalah lapisan putih pada daun, batang dan bunga. Awalnya, bintik-bintik muncul di bagian luar daun, sedikit kemudian muncul di bagian dalam. Dengan tidak adanya tindakan untuk mengobati embun, bintik-bintik mempengaruhi seluruh permukaan hijau, yang menyebabkan pengeringan bagian ini.
  • Selanjutnya, daun menggulung, diikuti dengan pengeringan dan kematiannya. Karena fakta bahwa parasit menghalangi akses nutrisi ke daun, seluruh tanaman mati, yang menyebabkan penurunan hasil yang signifikan.
  • Yang paling rentan terhadap penyakit adalah tanaman yang terletak di dekat jendela rumah kaca atau di dekat pintu.
Weiterlesen:
Pinus dalam desain lansekap

Penyebab manifestasi peronosporosis

  • sistem ventilasi di rumah kaca rusak atau tidak teratur;
  • penyiraman mentimun yang berlebihan dengan air dingin;
  • gulma lebat di dekat tanaman budidaya;
  • kelembaban tinggi;
  • lonjakan suhu udara di rumah kaca.

Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Periode perkembangan embun tepung

Spora jamur bangun dengan permulaan musim hangat, yaitu, pada permulaan suhu reguler +16 derajat. Tukang kebun harus sangat berhati-hati selama periode ini dan mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah timbulnya penyakit. Pertama, lembaran ditutupi dengan lapisan tipis plak, yang secara bertahap tumbuh dan meningkat. Ketika suhu udara menjadi +18 — +25 °C, miselium mulai menyemprotkan spora untuk reproduksi lebih lanjut. Perlu dicatat bahwa ini terjadi pada tingkat kelembaban apa pun dan bahkan di iklim kering.

Pada akhir Agustus dan awal September, musim untuk mempersiapkan jamur untuk musim dingin jatuh. Tubuh buah berwarna coklat terbentuk dalam bentuk titik-titik. Jadi jamur akan menahan musim dingin, sehingga dengan timbulnya panas akan bangun lagi.

Setiap tahap dapat diobati, tetapi para ahli merekomendasikan untuk tidak menunda, tetapi untuk mengambil tindakan pencegahan atau menghancurkan hama pada tahap awal.

Metode perjuangan yang umum

Untuk mencegah munculnya embun tepung pada mentimun, Anda harus mematuhi rekomendasi berikut:

  • Jangan menanam mentimun di satu tempat selama beberapa tahun berturut-turut. Menabur mentimun dapat dikembalikan ke tempat asalnya hanya setelah 4 tahun.
  • Jangan biarkan sisa tanaman atau sisa buah yang jatuh membusuk di tanah.
  • Segera buang daun yang jatuh.
  • Desinfeksi rumah kaca dengan larutan formalin setelah panen.
  • Naikkan suhu udara di rumah kaca hingga +25 derajat.
  • Jangan menyalahgunakan penyiraman dan gunakan hanya air hangat.
  • Pilih hanya varietas tahan penyakit untuk ditanam.
Weiterlesen:
Phytophthora stroberi, stroberi liar, dan buah beri lainnya

Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Pada tanda pertama embun tepung, perlu menggunakan fungisida yang paling efektif dalam kasus ini. Tukang kebun yang berpengalaman merekomendasikan penggunaan obat «Topaz», yang diambil dalam proporsi 2 ml. larutan 10 liter. air. Komposisi dicampur secara menyeluruh dan dituangkan ke dalam botol semprot. Irigasi harus dilakukan dalam cuaca kering yang tenang. Sangat mudah untuk menyingkirkan penyakit jika Anda bertindak tepat waktu dan sesuai dengan instruksi.

Penggunaan fungisida juga dianjurkan bila jamur parasit telah menginfeksi sebagian besar tanaman. Merekomendasikan penggunaan obat Fundazol. Hal ini diperlukan untuk berkembang biak 10 gram per 10 liter. air. Mentimun perlu disemprotkan selama musim 3 kali, dan terakhir kali seminggu sebelum panen yang diharapkan.

Fungisida «Acrobat MC» untuk memerangi peronosporosis dibiakkan 20 g per 100 sq.m. Pemrosesan paling baik dilakukan selama musim tanam.

Obat lain yang efektif melawan jamur berbulu halus adalah Previkur. Larutan 3 ml obat diencerkan dalam 2 liter air. Perkiraan konsumsi cairan per 1 sq.m. tanah adalah 2 liter larutan. Cairan dituangkan di bawah akar dan setelah beberapa saat melalui sistem akar memasuki daun, terakumulasi di sana. Untuk melindungi mentimun, disarankan untuk melakukan beberapa perawatan:

  1. setelah menabur benih;
  2. Dalam 2 minggu;
  3. 2-3 hari setelah tanam di tanah;
  4. setiap 2 minggu selama seluruh musim tanam (hingga 5 kali).
Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Kecepatan Fungisida

Obat «Skor» diencerkan selama 10 liter. air 2ml. Penyemprotan dapat dilakukan tidak lebih dari 3 kali per musim dan sebulan sebelum panen. Ini efektif pada suhu dari +14 hingga +25 derajat, dan aksinya tidak terpengaruh oleh hujan, angin, atau kekeringan. Keuntungan «Skor» adalah efek positif pada perkecambahan biji.

Keuntungan dan kerugiannya

Keuntungan utama bahan kimia adalah efeknya yang cepat pada fokus penyakit dan periode pencegahan yang lama. Namun, semua bahan kimia beracun dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, produsen merekomendasikan penggunaan obat dengan sangat hati-hati, tidak melebihi dosis yang ditentukan dan dengan ketat mengikuti instruksi. Kerugian lain adalah kecanduan parasit terhadap zat penyusunnya.

Weiterlesen:
Lada di rumah kaca - fitur tumbuh

Pengobatan rakyat

Alternatif untuk senyawa kimia adalah obat tradisional, yang telah lama dicintai oleh semua tukang kebun dan tukang kebun. Mereka secara efektif melawan embun tepung pada mentimun dan tanaman lainnya. Selain itu, mereka tidak membahayakan tanaman dan aman bagi manusia.

Para ahli merekomendasikan penggunaan larutan lemah yodium dan kalium permanganat pada tahap awal, yang secara efektif mempengaruhi hama, tetapi benar-benar aman bagi manusia. Kalium permanganat diambil 1,5 g per ember air (10 liter). Dianjurkan untuk memproses setelah hujan, agar solusinya tidak hanyut.

Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Infus Mullein dianggap sebagai salah satu metode kuno yang paling efektif. Tetapi perlu dicatat bahwa dengan penggunaan teratur, efektivitasnya berkurang karena adaptasi parasit. Anda perlu mengambil 1 bagian hingga 3 bagian air dan biarkan selama 3 hari. Setelah itu, saring, encerkan 3 kali dan semprotkan setiap minggu.

Cara lain adalah milkshake, yang disiapkan sebagai berikut: 3 l. serum ditambahkan ke 7 l. air + 1 sdt. tembaga sulfat. Komposisi dicampur dan disemprotkan secara menyeluruh.

Bawang juga bisa berguna melawan embun tepung, terutama sekamnya. tambahkan 10 g sekam ke 200 liter air panas dan biarkan diseduh selama 2 hari. Setelah itu, saring dan oleskan pada daun mentimun yang rusak.

Plus:

  • keberlanjutan;
  • ketersediaan bahan penyusun;
  • efek positif pada penyakit parasit setelah beberapa perawatan.

Kekurangan:

  • efisiensi rendah dari satu waktu;
  • terkadang butuh waktu lama untuk membuat solusi.

Embun tepung pada mentimun: penyebab dan cara melawan

Varietas tahan penyakit

Varietas mentimun paling awal yang tahan terhadap embun tepung:

  • Anak jempol;
  • masya;
  • Gherkin Primadona.

Mentimun awal:

  • Telan;
  • Bulbul;
  • Putri.

Varietas mentimun sedang:

  • Pasadena;
  • Natalie;
  • Gurita;
  • merinding;
  • Phoenix ditambah;
  • Lancaster.

Mentimun Terlambat:

  • Sayang;
  • fontanel;
  • Leandro.

Ulasan video

Di bawah ini adalah ulasan video yang memberi tahu Anda cara mengatasi embun tepung pada mentimun:

Weiterlesen:
Pertanda rakyat: 6 - 16 Oktober

Umpan balik pemilik

Valentine:

Dihadapkan dengan embun tepung pada mentimun, saya memutuskan untuk mengambil tindakan yang diperlukan dan bergegas ke toko untuk mendapatkan obat yang efektif untuk itu. Topaz disarankan kepada saya. Tak perlu dikatakan, saya puas. Sangat mudah untuk mencairkan, cukup semprotkan pada tanaman dan masalahnya berangsur-angsur hilang. Mereka juga menyarankan saya untuk menanam varietas mentimun yang tahan, seperti Masha, Natalie atau Rodnichok.

 

голоса
Рейтинг статьи
Ссылка на основную публикацию
Adblock
detector